PANTAI GERANGAN

Previous
Next

LOKASI :
Pantai Gerangan terletak di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggung, Tulungagung. Dari arah Kota Tulungagung, arahkan kendaraan menuju Kecamatan Campurdarat. Dari Pertigaan Pasar Campurdarat, belok kiri menuju ke Telaga Buret. Sesampai di Telaga Buret, terus saja naik melewati jalur tanjakan berkelok – kelok. Nah, sebelum sampai ke pusat Kecamatan Tanggunggunung, akan ada pertigaan dengan papan petunjuk kecil menuju ke Pantai Brumbun, dari sini belok kiri. Dari jalan ini, terus saja ikuti jalan besar yang ada, dan jalan ini rusak berat sampai tiba di pantai. Kalau merasa tersesat, jangan sungkan bertanya ke penduduk sekitar. Sebelum sampai pantai, jalan akan bercabang menjadi dua, jalan kanan ke Pantai Brumbun, dan jalan kiri ke Pantai Gerangan.

TENTANG SPOT WISATA :
Pantai Gerangan ini cukup sepi, sunyi dan damai, berbeda dengan tetangganya yaiut Pantai Brumbun yang jauh lebih ramai. Pasir di Pantai Gerangan terdiri dari pasir putih dan pasir hitam. Karena letaknya di Teluk, ombaknya tak begitu besar. Warna airnya, biru-kehijaun, sangat indah dipandang mata.

Di sepanjang pantai tumbuh aneka pohon besar dengan kanopi lebat sebagai peneduh, lengkap dengan bangku panjang dari kayu, sangat cocok untuk dijadikan tempat tiduran. Di sebelah kanan Pantai Gerangan terdapat sungai air payau berukuran kecil dan deretan jalur anak tangga terbuat dari beton. Di sebelah kiri Pantai Gerangan terdapat gugusan bukit kapur. Beberapa diantaranya runtuh terhantam gelombang selama ratusan tahun dan membentuk sebuah ceruk. Pantai Gerangan memanjang sampai di bawah gugusan bukit kapur ini, kalau air pasang, tempat ini akan tergenang air laut.

Selain menawarkan keindahan pantai dengan sebuah Pulau Karang di ujung teluknya, tempat ini menawarkan kedamaian bagi kita yang ingin lepas dari kebisingan kota. Tempatnya teduh dan juga bersih. Selain bermain – main air, kita juga bisa piknik atau sekedar duduk – duduk di bawah pepohonan sambil mendengarkan deburan ombak yang mengalun menghampiri pantai.